Header Ads

banner image

Social

Hari Ke Dua Prakerin

Prakerin Hari ke Dua

Dihari kedua ini saya diharapkan menginstal linux oleh Mbah Suro dan boleh Linux apa saja , dan saya memilih Linux Mint alasannya karna tampillannya cukup menarik dan tak usah mendownload

Langkah-langkahnya sebagai berikut
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah hidupkan laptop atau PC, masuk ke BIOS. Nah setelahmasuk BIOS, atur boot order atau boot priority USB (sebelumnya sudah di bootable), sesuai dengan media instalasi yang kita pakai. Setelah itu restart, tancapkan USB installer Linux Mint 17. Tak lama, kita akan diantar masuk ke Live CD/Live USB Linux Mint 17 Qiana dengan tampilan desktop seperti di bawah ini.

Klik Install Linux Mint

Pilih bahasa yang dikehendaki, kalo saya pilih English saja, kemudian klik Continue.

Berikutnya installer Linux Mint 17 Quana ini akan menanyakan apakah Anda akan menghubungkan ke jaringan wireless atau tidak. Kalo saya pilih I don’t want to connect to a wi-fi network right now, klik Continue.
 I
instaler Linux Mint 17 kemudian melakukan pengecekan apakah sistem sudah memenuhi syarat buat instalasi atau belum, klik Continue jika sudah memenuhi syarat.

Berikutnya adalah memiilih mode instalasi. Karena saya mau partisi sendiri, pilih Something else, kemudian klik Continue.  Nah mulai dari sini harus serius gan, salah-salah bisa hilang semua data di komputer atau laptopnya.

Nah masuk tahap ini harus ekstra hati-hati gan. Pilih partisi yang akan digunakan untuk instalasi Linux Mint 17 Qiana ini, pastikan anda mengerti tentang partisi Linux , ada / , /home ,swap
 

Pada bagian ini, pastikan pembagian partisinya sudah benar . Cek atau review terlebih dahulu, jika yakin sudah benar langsung saja klik Install Now.

Selagi proses instalasi berjalan, kita dapat memilih zona waktu sesuai tempat tunggal kita. Karena saya masuk zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat), maka saya pilih kota Jakarta. Kemudian klik Continue.